Sabtu, 13 Agustus 2011

ToolBox dan Fungsi-fungsinya dalam CorelDraw


Sebelum mempelajari CorelDraw lebih jauh dan lebih dalam. Pertama kali yang harus anda lakukan adalah mengetahui fungsi-fungsi dari ToolBox. ToolBox adalah kumpulan alat-alat dasar yang digunakan untuk membuat sketsa ataupun desain di dalam coreldraw. Tanpa adanya toolbox, anda tak bisa membuat sebuah desain. Maka dari itu, toolbox menjadi alat terpenting yang harus anda kuasai sebelum memulai ke alat-alat yang lain. Disini kita akan mempelajari fungsi-fungsi dasar dari Toolbox itu sendiri.

Toolbox umumnya terletak disebelah kiri lembar kerja CorelDraw. Namun tak selalu terletak disebelah kiri, letak toolbox bisa tiatur sesuai dengan yang kita inginkan. Bisa diatas, bisa ditengah, bisa di samping kanan, bawah, bahkan di tengah-tengahpun bisa, itu tergantung kebutuhan dan keinginan kita. Berikut ini merupakan screenshot dari Toolbox CorelDraw 11. Bagi anda yang menggunakan CorelDraw versi lain jangan khawatir, karena semua versi hampir tak ada bedanya, baik fungsi maupun lambang iconnya.


















Keterangan:
  1. Pick Tool: berfungsi untuk menyeleksi/memilih/blok objek.
  2. Shape Tool: merupakan Flyout (kumpulan tool yang sejenis fungsinya), bila di klik dan tahan, akan keluar beberapa tool dengan fungsi yang berbeda-beda, tapi intinya hampir sama, yaitu berfungsi untuk mengubah bentuk objek.
  3. Zoom Tool: untuk memperbesar (klik kiri) dan memperkecil (klik kanan) tampilan lember kerja. Serta Hand Tool untuk menggeser lembar kerja.
  4. FreeHand Tool: merupakan flyout yang intinya berfungsi untuk membuat sketsa/desain.
  5. Rectangle Tool: berfungsi untuk membuat bidang persegi.
  6. Ellipse Tool: berfungsi untuk membuat bidang ellip (lingkaran / oval).
  7. Polygon Tool: berfungsi untuk membuat bidang Polygon (segitiga, segiempat, segilima, segienam, dll).
  8. Basic Shapes: berfungsi untuk membuat bentuk-bentuk dasar seperti, jajar genjang, segitiga, bintang, callout, arrow, dll.
  9. Text Tool: berfungsi untuk membuat text, baik paragraf maupun text biasa.
  10. Interactive Transparency Tool: merupakan flyout yang berisi beberapa tool untuk membuat objek menjadi transparan, distorsi, shadow (bayangan), blend, dll. [akan dibahas lebih lanjut]
  11. Eyedropper Tool: berfungsi untuk memilih warna sesuai dengan warna pada objek yang di pilih. Dan Paint bucket tool yang berfungsi untuk mewarnai objek sesuai dengan warna yang dipilih oleh Eyedropper. Sehingga dapat dikatakan bahwa 2 tool ini bekerja saling berhubungan dan ketergantungan, tidak bisa bekerja sendiri-sendiri.
  12. Outline tool: berfungsi untuk mengubah ketebalan garis (outline), menghilangkan garis, mengubah bentuk garis, dan mewarnai garis.
  13. Fill tool: berfungsi untuk mewarnai objek [untuk flyout ini akan dibahas lebih lanjut]
  14. Interactive Fill tool: berfungsi untuk membuat gradiasi [untuk Interactive Mesh Fill Tool akan dibahas lebih lanjut]

Itulah beberapa fungsi dari tool box yang mungkin hanya saya jelaskan inti-intinya saja. Mohon maaf kalau yang saya jelaskan tidak sedetail yang anda inginkan. Kalau ingin sedetail-detailnya nanti saya akan jelaskan lebih lanjut di artikel berikutnya (insyaallah). Apabila ada pertanyaan, kritik saran, bisa anda sampaikan melalui kotak komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya, tunggu saja tanggal mainnya.. hehehe Bye.. Bye.. ^ - ^






Terima kasih atas kunjungan anda. Janganlah sungkan-sungkan untuk selalu mengunjungi Blog kami. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya barangkali ada kesalahan dalam penulisan ataupun hal-hal lain yang membuat hati tak senang. Karena saya seorang diri hanyalah manusia biasa. Tak luput dari salah dan dosa.
TTD : Admin CorelTutorDesign

2 komentar:

Di hp saya selalu ada laporan di toolbox

Di hp saya selalu ada laporan di toolbox

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More