Sabtu, 13 Agustus 2011

Menggunakan Interactive Transparency Tool pada coreldraw


Sesuai janji saya pada artikel sebelumnya (ToolBox dan Fungsi-fungsinya dalam CorelDraw), kali ini saya akan menjelaskan lebih dalam cara menggunakan Interactive Transparency Tool. Flyout ini terdiri dari berbagai macam tool yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Diantaranya adalah sebagai berikut:


Keterangan:
  1. Interactive Blend Tool: Susah njelasinnya gan… Pake contoh aja ya? Biar mudah dimengerti n’ dipahami.. O.K! Contohnya seperti ini gan,

2 buah objek sebelum di Blend:
 










2 buah objek setelah di Blend
 










Paham kan? Jadi intinya begini, fungsinya yaitu untuk menggabungkan dan menghubungkan 2 objek.. Mudahkan…
Untuk penggunaannya bisa dicoba sendiri, tinggal tarik/drag aja ko..

  1. Interactive Contour Tool
Yang ini pake contoh lagi aja ya? Susah juga njelasinnya.. hehehe
Gambar 1: sebelum di Contour Tool, Gambar 2: setelah di Contour Tool,
Jadi intinya Interactive Contour Tool berfungsi untuk membuat garis kontur pada objek. Untuk penggunaannya sangat mudah, tinggal ditarik/drag aja di area objek, mau ke dalam atau keluar itu terserah anda. Gampang kan?

            Contoh yang lain:

  1. Interactive Distortion Tool
Kalau yang ini agak susah njelasinnya gan, jadi harus pake contoh agar lebih paham.

 







Gambar 1: sebelum diberi efek distorsi.
Gambar 2: proses penggunaan Interactive Distortion Tool. Tinggal tarik/drag aja gan..
Gambar 3: sesudah diberi efek distorsi.

Mudah kan?

  1. Interactive Envelope Tool
Kalau yang ini bener-bener susah untuk njelasinnya, jadi mungkin banyak sekali contohnya. Gapapa deh, demi kalian aku rela berkorban.. wkwkwk
 










Gambar 1: sebelum diberi efek envelope
Gambar 2: menggunakan envelope dengan menarik/drag titik-titiknya.
Gambar 3: hasil jika yang ditarik/drag adalah titik-titiknya.
Gambar 4: menggunakan envelope tool dengan menarik/drag garis-garisnya (outlinenya).
Gambar 5: hasil jika yang ditarik/drag adalah garis/outlinenya.

  1. Interactive Extrude Tool
Tool ini berfungsi untuk mengubah objek 2 dimensi menjadi 3 dimensi. Contoh:
 







Gambar 1: sebelum di Extrude.
Gambar 2: penggunaan extrude dengan cara ditarik/didrag.
Gambar 3: hasil setelah di extrude.

  1. Interactive Drop Shadow Tool
Tool ini berfungsi untuk membuat bayangan pada objek. Penggunaan tool ini sangat mudah, tinggal tarik/drag saja di area objek. Contohnya adalah sebagai berikut:
 








A: yang ditarik/drag di bagian bawah objek.
J: yang ditarik/drag di bagian atas objek.
I: yang ditarik/drag di bagian tengah objek.

  1. Interactive Transparency Tool
Tool ini berfungsi untuk membuat efek transparan pada objek. Cara penggunaannyapun sangat mudah. Tinggal ditarik/didrag saja. Di bawah ini adalah contoh dari hasil Transparency tool.
 










Mudah bukan..









Terima kasih atas kunjungan anda. Janganlah sungkan-sungkan untuk selalu mengunjungi Blog kami. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya barangkali ada kesalahan dalam penulisan ataupun hal-hal lain yang membuat hati tak senang. Karena saya seorang diri hanyalah manusia biasa. Tak luput dari salah dan dosa.
TTD : Admin CorelTutorDesign

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More